Understanding Light - and shooting right!

Posted by PRASSPRASETIO

all cameras average the existing light. What that means is, just because you can see it, doesn't mean the camera can. The human eye is far more sophisticated than the most expensive camera money can buy. For example, you stand someone in front of a bright window, your eye can still tell who that person is, but the camera can not, at least, not without help. Your eye will zoom into a person's face and ignore that bright light around them, but the camera will not

Running Apple Mac OS X on Windows PC!

Posted by PRASSPRASETIO

In the best case, Mac OS X Leopard on standard PC hardware can use the full graphics acceleration (Quartz, Core Image) and all the characteristics of CPU

CANON Rebel XS 1000D

Posted by PRASSPRASETIO

recently their in-depth review of the new Canon Rebel XS 1000D!

CANON G9 - Back up For Professionals?

Posted by PRASSPRASETIO

Canon G9 that seemed to have nice specs (12.1 megapixels, a 35-210mm image stabilized lens, and RAW capabilities) and an even nicer price (under $500). The images on the big LCD looked great and the list of pro features on the camera was impressive

STUDIO LIGHTING #01

Author: Prassprasetio On Tuesday, March 11, 2008 Share on Facebook
Lighting atau sebut saja pencahayaan adalah faktor penting dalam fotografi. Selain pengaturan teknis pada setting kamera, pengaturan cahaya bisa menentukan bagus tidaknya sebuah foto dan dalam beberapa foto bisa menambah kekuatan kesan yang yang akan disampaikan oleh fotografer. Pengaturan arah, kualitas dan kuantitas dari cahaya bisa membuat efek dramatis dari foto yang kita buat, dengan demikian foto tersebut tidak datar dan biasa-biasa saja.

Arah cahaya.

Arah cahaya bisa datang dari segala arah atau 360 derajat kemungkinan arah datangnya cahaya ke object. Apabila kita tidak bisa mengatur arah cahaya sesuai dengan kebutuhan kita, cara lain adalah dengan memindahkan obyek yang kita foto untuk menyesuaikan arah cahaya yang ada atau kita bisa menciptakan cahaya sendiri.

Front light
Cahaya datang dari depan, hal ini kita sering gunakan pada internal flash pada kamera kita. Dengan front ligth sebenarnya sangat mudah dan sederhana, tetapi pada tingkat lanjut, hasil foto akan sedikit membosankan, mengurangi detail dari obyek dan membuat background sedikit gelap karena kurangnya intensitas cahaya dari depan.


Sunlight (high front light)

Cahaya datang dari depan atas, dengan kondisi demikian bisa membuat scene bagus dan warna bisa terliat / keluar. Tapi hati-hati efek bayangan yang justru mengganggu pada mata, hidung dan lainnya apabila kita membuat foto wajah. Selain itu biasanya model akan terganggu karena silau, sehingga cenderung memercingkan mata dan sedikit kaku / tegang.

Side light
Cahaya datang dari samping sekitar 45 derajat dari angle. Cahaya seperti ini sangat cocok digunakan untuk menghasilkan foto yang menonjolkan texture, dimensi, shape yang biasa diperlukan pada portrait photography. Dalam side ligth kita harus hati-hati mengatur intensitas dan kualitas cahaya, karena bisa menyebabkan over / under pada satu sisi obyek.

Back light
Cahaya datang dari arah belakang obyek bisa memberikan efek yang dramatis pada portrait, tetapi hati-hati dengan pengaturan yang kurang sesuai bisa mengurangi detail obyek dan membuat efek lens flare.

Pengaturan kombinasi yang tepat dari arah cahaya akan menghasilkan foto yang bagus dan dramatis. Hati-hati dalam menentukan kapasitas, intensitas dengan mengatur sumber cahaya ataupun mengatur jarak yang tepat antara obyek dan sumber cahaya.

waterghost,
photos by me

0 Response to 'STUDIO LIGHTING #01'